Tampil Keren dengan Karawitan

Grup karawitan Laras Mudha Manuhara dari SMP N 4 Purworejo tampil dalam agenda budaya rutin Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, Jumat (16/9/2022). Kegiatan ini diadakan di Pendhopo Kabupaten Purworejo dan disiarkan secara langsung di kanal youtube Kebudayaan Purworejo Official.

Seni karawitan merupakan kesenian musik tradisional yang ada di Pulau Jawa dan Bali. Karawitan adalah seni gamelan dan seni suara yang bertangga nada slendro dan pelog. Kegiatan ini merupakan salah satu kesenian yang dilaksanakan rutin setiap hari Jumat di Pendopo Kabupaten Purworejo. Tak bisa dipungkiri, anak-anak muda saat ini lebih memilih budaya asing sebagai salah satu hal yang digemari daripada budaya asli Indonesia seperti halnya gamelan. Pelaksanaan rutin kegiatan karawitan tersebut dimaksudkan untuk nguri-uri kebudayaan asli bangsa Indonesia agar tetap lestari.

Sekolah-sekolah tingkat SD dan SMP merupakan sekolah yang ditunjuk secara bergilir mengisi pentas karawitan. SMP N 4 Purworejo mendapat giliran Jumat (16/09/2022) dimulai pukul 14.00  sampai 15.30 WIB. Sebagai pembawa acara yaitu Bapak Dwi Suryanto, M. M. Pd. yang merupakan guru seni budaya dan penggiat kegiatan kesenian yang ada di Kabupaten Purworejo. Pemusik atau penabuh gamelan yaitu siswa-siswi dan guru SMP N 4 Purworejo serta ada beberapa tambahan dari alumni. Tidak berbeda dengan penabuh gamelan, penyanyi juga terdiri dari siswa-siswi dan guru. Semua terlihat apik berkat keuletan dan kesabaran Bu Sundari P., S.Pd. sebagai pelatih karawitan. Tak ketinggalan, Bu Laras sebagai salah satu guru seni budaya juga dengan cekatan merias wajah anak-anak sehingga tampak ayu. Dan dengan bimbingan beliau, anak-anak tari turut memeriahkan dengan melakukan flash mob tarian Beksan Wanara.

Dinas Kebudayaan Purworejo sebagai empunya acara, menyiarkan secara langsung pada kanal youtube Kebudayaan Purworejo Official. Pada kolom komentar, kepala sekolah SMP N 4 Purworejo, Bapak Suswanto, S.Pd. M. M.Pd. mengucapkan terima kasih kepada Dindikbud yang telah memberi kesempatan kepada SMP N 4 Purworejo untuk gladen karawitan. Kurang lebih satu jam berlangsung, acara tersebut terselenggara dengan lancar. Acara ditutup dengan lagu Prau Layar yang dibawakan dengan gilar-gilar.

 3,638 total views,  27 views today

0Shares