Ekstrakurikuler PMR (Palang Merah Remaja) adalah kegiatan ekstrakurikuler di sekolah yang berfokus pada kegiatan sosial kemanusiaan. Palang Merah Remaja merupakan organisasi yang berafiliasi dengan Palang Merah Indonesia dan bertujuan untuk membantu masyarakat dalam menghadapi berbagai macam bencana dan situasi darurat.

Di ekstrakurikuler PMR, siswa akan diajarkan tentang cara memberikan pertolongan pertama pada korban kecelakaan, memberikan bantuan logistik dan pemulihan pada korban bencana, dan melaksanakan kegiatan sosial yang berhubungan dengan kemanusiaan. Selain itu, siswa juga akan belajar tentang prinsip dasar Palang Merah, seperti kemanusiaan, kesamaan, kesukarelaan, kesemestaan, dan netralitas.

Kegiatan ekstrakurikuler PMR di sekolah juga dapat membantu siswa untuk meningkatkan keterampilan sosial, kepemimpinan, dan keterampilan berkomunikasi. Siswa juga dapat belajar untuk bekerja sama dalam tim, meningkatkan rasa empati, dan mengembangkan kemampuan kreatif dalam mengatasi berbagai situasi darurat.

Selain itu, kegiatan ekstrakurikuler PMR juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan mental siswa, seperti meningkatkan rasa kepedulian, rasa percaya diri, dan kemampuan untuk menangani situasi darurat. Siswa yang berpartisipasi dalam ekstrakurikuler PMR juga dapat mengambil bagian dalam berbagai acara sekolah, seperti penggalangan dana untuk membantu korban bencana atau penyuluhan kesehatan.

Kegiatan ekstrakurikuler PMR juga dapat memberikan peluang karir bagi siswa yang memiliki minat dan bakat di bidang kemanusiaan dan sosial. Kegiatan ini dapat menjadi landasan bagi siswa untuk mengejar karir sebagai relawan atau tenaga kesehatan di masa depan.

Berbagai prestasi telah diraih oleh PMR SMP N 4 Purworejo diantaranya :

  1. Juara 1 Jumbara PMR Nasional 2023
  2. Juara Umum Youth Volunteer Red Cross 2022
  3. Juara 1 Presentasi Edukasi (Kirana Ariesta Serbia (9E) dan Indri Syaharani (9B))
  4. Juara 2 Lukis Tong Sampah (Nur Zanjabila Dini (9G) dan Rahma Rahayu Lestari (9H))
  5. Juara 2 Speed Game (Safira Nur Amalia Dini Listya (9H), Nur Samsi (9G), Afifatus Syarifah (9B) dan Vina Marsya Lutfiani (9D)
Salah satu anggota PMR SMP N 4 Purworejo berhasil menjadi juara Jumbara PMR 2023 di Lampung

 5,380 total views,  2 views today

0Shares