Ekstrakurikuler Pramuka merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler wajib, yang diikuti oleh seluruh peserta didik kelas VII dan VIII. Pramuka diyakini dapat membentuk Karakter dan jiwa kepemimpinan dalam diri peserta didik serta mewujudkan rasa nasionalisme yang tinggi.

Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana dan merupakan organisasi atau gerakan kepanduan. Pramuka adalah sebuah organisasi yang merupakan wadah proses pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan di Indonesia. Dalam dunia internasional, Pramuka disebut dengan istilah “Kepanduan” (Boy Scout). 

Gerakan Pramuka memiliki kode Kode Kehormatan Pramuka, sebagaimana yang tertuang dalam Anggaran Dasar Pramuka, yang terdiri atas janji yang disebut Satya dan Ketentuan Moral yang disebut Darma Kode Kehormatan Pramuka disesuaikan dengan golongan usia dan perkembangan rohani dan jasmaninya.

Kegiatan ekstrakulikuler pramuka di SMPN 4 Purworejo ini di adakan setiap hari Jum’at,  Kegiatan ekstrakurikuler menjembatani kebutuhan perkembangan peserta didik yang berbeda. Seperti perbedaan rasa akan nilai moral dan sikap, kemampuan, dan kreativitas. Karenanya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mewajibkan setiap sekolah melaksanakan ekstrakurikuler pendidikan kepramukaan.

 3,962 total views,  2 views today

0Shares