Kegiatan ekstrakulikuler kesenian di SMP Negeri 4 Purworejo terbagi menjadi beberapa bidang yakni :

Seni Tari

Ekstrakurikuler tari adalah kegiatan ekstrakurikuler di sekolah yang menawarkan kesempatan bagi siswa untuk belajar dan mengembangkan keterampilan menari. Kegiatan ini biasanya ditujukan bagi siswa yang memiliki minat dalam bidang tari, dan di dalamnya siswa akan belajar berbagai teknik dan gerakan tari yang berbeda. Di ekstrakurikuler tari, siswa akan diberikan pelatihan oleh guru atau instruktur yang terampil dalam bidang tari. Mereka akan diajarkan tentang dasar-dasar gerakan tari, teknik, serta berbagai jenis tari seperti tari tradisional, tari modern, dan tari kontemporer.

Karawitan

Kegiatan ekstrakurikuler karawitan ini berguna sebagai media dalam menumbuhkan cinta akan budaya sendiri pada generasi muda saat ini. Ekstrakurikuler karawitan merupakan kesenian yang dibawakan secara berkelompok, sehingga dalam memainkan alat musik gamelan siswa harus dapat saling bekerjasama. Selain itu dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler seni karawitan ini siswa juga diajak untuk mempelajari budaya asli Jawa sehingga timbul rasa cinta dan bangga terhadap budaya yang dimiliki bangsa Indonesia.

Hadroh

Tim Hadroh tampil dalam MAPSI tahun 2023

Hadroh merupakan seni musik yang bernuansa islami dimana sekolah mewadahi peserta didik yang mempunyai minat dan bakat serta hobby terhadap seni ini. Dan pada kenyataannya cukup banyak peserta didik yang ikut serta dalam ekstrakurikuler hadroh ini. Didalam seni hadroh banyak terkandung nilai-nilai positif antara lain nilai ketuhanan (tauhid), nilai ibadah dan nilai budi pekerti (karakter). Selain nilai tersebut masih banyak kandungan dari seni hadroh ini karena dalam seni ini diharapkan anak memiliki nilai disiplin, toleransi, kerjasama, tanggung jawab, komunikatif, mandiri dan masih banyak lagi.

Seni Hadroh SMP N 4 Purworejo telah mengukir beberapa prestasi diantaranya :

  1. Juara 2 Festival Hadroh MAPSI SMP Se Kab. Purworejo Tahun 2023
  2. Juara 2 Festival Hadroh MAPSI SMP Se Kab. Purworejo Tahun 2022

 3,168 total views,  2 views today

0Shares