SMPN 4 Purworejo Meresmikan Lab Komputer Baru

Gedung lantai 2 laboratorium komputer SMPN 4 Purworejo senilai Rp 600 juta, diresmikan. Peresmian dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, Sukmo Widi Harwanto, SH, MM, Sabtu (26/02/2022), yang ditandai dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua PGRI Kabupaten Purworejo, Ketua Komite, perwakilan alumni, serta segenap tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Sukmo menyampaikan, SMPN 4 Purworejo perkembangannya sangat luar biasa, dimana antara kepala sekolah, pendidik, dan komite sekolah ada simbiosis mutualisme, dan selaras dalam mewujudkan visi misi sehingga program-program yang direncanakan sekolah bisa berjalan baik.

“Sarana prasarana makin lengkap, dan semua itu dikembalikan ke siswa, sehingga nantinya kita bisa melayani dengan baik dan optimal,” ujar Sukmo.

Usai peresmian, Kepala SMPN 4 Purworejo, Drs Eko Partono, M.MPd menyampaikan, pihaknya menerapkan manajemen MBS (Manajemen Berbasis Sekolah), yang dari situ hasilnya nampak baik dari sisi akademik maupun non akademik.

“Salah satunya di akademik itu, masih tetap berada di level 4 di tingkat kabupaten. Dari sisi non akademik, banyak potensi yang dikembangkan melalui ekstra kurikuler di olahraga maupun seni,” ungkap Eko.

Dari sisi olahraga, jelas Eko, pada pelaksanaan Popda saat ini, dari cabang bulu tangkis meraih juara 1. Beberapa waktu lalu, cabang olahraga renang juga
meraih juara umum kejurkab.

Dari tahun ke tahun, menurut Eko, pengembangan sarpras selalu ada. Beberapa waktu lalu membuat jembatan penghubung , mushola dan sekarang laboratorium komputer.

“Dari sisi pemenuhan layanan pendidikan mutu, di akhir tugas saya meresmikan laboratorium komputer di lantai 2, yang menelan anggaran hingga Rp 600 juta, lengkap dengan isinya,” ungkap Eko, yang akan memasuki masa pensiun per 1 Maret 2022.

Eko berharap, keberadaan laboratorium komputer tersebut semakin melengkapi sarana dan prasarana sekolah dan bisa memberi banyak manfaat, khususnya untuk internal sekolah, maupun masyarakat pada umumnya.

“Semua harta yang ada di sekolah kaitannya milik negara. Begitu juga dengan laboratorium komputer ini. Siapa saja yang mau pakai dipersilahkan,” jelas Eko.

Pembangunan laboratorium tersebut, kata Eko, bersumber dana dari dukungan masyarakat. Dukungan masyarakat yang masuk, berapapun jumlahnya, direncanakan estimasi dengan perencanaan 8 standar. Terutama yang dipentingkan untuk pembiayaan honorer guru, sarpras, proses kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan pembelajaran serta lomba-lomba.

Dalam acara tersebut, selain peresmian gedung laboratorium, juga ada pamitan purna tugas bagi tiga guru SMPN 4 Purworejo, yakni, Drs Eko Partono, M.M.Pd, Mujiyo, S.Pd, dan Sri Rahayu, A.Md, serta alih tugas bagi Sunarko, SE, MM, dan Kadek Arya, S.Pd.

 100 total views,  5 views today

0Shares