Pelepasan Siswa SMP N 4 Purworejo 2023

SMPN 4 Purworejo menggelar Wasana Warsa Pelepasan Siswa Kelas IX tahun pelajaran 2022/2023, Kamis (08/06/2023). Bertempat di halaman sekolah setempat, sebanyak 254 siswa dari 8 kelas diwisuda dalam kegiatan ini.

Selain para peserta wisuda, Wasana Warsa juga dihadiri orangtua/wali siswa, perwakilan alumni, jajaran pengurus komite, Pengawas Dabin Drs. Kukuh Ujiyanto, M.Pd., serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Diiringi seni karawitan yang dimainkan para siswa, prosesi kegiatan Wasana Warsa berlangsung khidmat. Wisuda ditandai dengan pengalungan samir kepada para wisudawan oleh Kepala SMPN 4 Purworejo, Suswanto, S.Pd., M.M.Pd., didampingi wali kelas masing-masing.

Dalam kesempatan tersebut, Suswanto menyampaikan, Wasana Warsa merupakan momen yang membahagiakan, setelah 3 tahun siswa menempuh pendidikan di SMPN 4 Purworejo dengan bimbingan bapak ibu guru.

“Mohon maaf, barangkali dalam memberikan bimbingan dan pengajaran kadang sedikit galak ataupun suka memarahi. Tapi percayalah, itu semua karena ungkapan rasa sayang supaya siswa menjadi anak-anak yang baik, disiplin dan membahagiakan orang tua,” ujar Suswanto dihadapan para wisudawan dan orangtua siswa.

Memang, kata Suswanto, masih banyak yang belum dapat diberikan kepada siswa. Tapi Insya Allah, semua yang diberikan akan bermanfaat untuk meniti di kehidupan selanjutnya.

“Terima kasih karena telah diberikan amanah untuk mendidik putra-putri bapak ibu. Namun demikian tentunya masih banyak kekurangan dalam mengemban amanah, karena tiada gading yang tak retak. Untuk itu, kami juga mohon maaf yang sebesar-besarnya,” kata Suswanto.

Usai menyampaikan sambutan, dilanjutkan dengan penyerahan siswa dari sekolah yang diwakili Kepala Sekolah kepada orangtua siswa yang diwakili oleh Ketua Komite Drs Masrukin, M.M.

“Jaga almameter SMPN 4 Purworejo di luar sana. Tetap patuhi dan hormati orangtua. Insya Allah jika itu dilakukan, kalian akan menjadi anak yang sukses,” pesan Kepala Sekolah kepada para wisudawan.

Dalam arahannya, Ketua Komite juga berpesan kepada para wisudawan, agar mereka jangan lupa membaca. Carilah ilmu dari belaian hingga ke liang kubur dan jangan berhenti di tingkat pendidikan saja. Tapi carilah ilmu sampai mati .

“Dan yang paling utama, patuh dan taat pada Allah, pada orangtua dan bapak dan ibu guru. Insya Allah kalian akan menjadi orang yang sukses dunia akhirat,” pesan Ketua Komite.

Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan pemberian penghargaan bagi 10 siswa berprestasi. Mereka ini, peraih nilai terbaik di nilai ijasah.

Kesepuluh siswa berprestasi ini, peringkat 1 Rahma Rahayu Lestari (9H), peringkat 2 Rifda Safiya (9H), peringkat 3 Naila Mahni Arina (9A), peringkat 4 Iradhatul Khusna (9A), peringkat 5 Laudita Rahma Almira (9G), peringkat 6 Mayka Jeany Putri (9H), peringkat 7 Alim Prischa Saputri (9H), peringkat 8 Salwadhea Rachma Putri Arsriarfi (9H), peringkat 9 Nur Zanjabila Dini (9G) dan peringkat 10 Faela Chyntia Anandhap (9A).

Momen mengharukan terjadi, saat para wisudawan melakukan sungkem kepada orangtua/wali siswa masing-masing. Diiringi musik yang mengharu biru, para wisudawan dan orang tua saling menitikkan air mata.

Ketua Panitia Wisuda, Emi Nurhidayati, S.Pd., menyebut, momen sungkeman ini bertujuan agar siswa tahu persis seperti apa orangtua mendidik mereka. Dan itu sebagai momen pengingat, mereka bisa seperti ini juga karena orangtua.

“Semoga para alumni ini bisa melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi lagi sesuai harapannya dan harapan orangtua. Jaga nama baik almamater SMPN 4 Purworejo,” pungkas Emi.

 10,823 total views,  1 views today

0Shares