MPLS SMPN 4 Purworejo Tekankan Pendidikan Karakter bagi Siswa Baru

Pendidikan karakter, menjadi bagian penting dalam pemberian materi kepada siswa baru peserta MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) di SMPN 4 Purworejo, melalui tata tertib dan tata krama di sekolah.

Hal itu disampaikan Plt Kepala SMPN 4 Purworejo, Sutarto, M.Pd, Rabu (13/07/2022). Sutarto yang didampingi Drs Pawitno, M.M.Pd selaku Ketua Panitia MPLS menyebut, banyak dampak positif dari pendidikan karakter ini.

“Banyak manfaatnya. Diantaranya siswa menjadi lebih peka terhadap lingkungan sekitar, membuat emosi menjadi stabil, membentuk rasa percaya diri, siswa memiliki kecerdasan emosional, dan membentuk siswa berprestasi,” ungkap Sutarto.

Pawitno menambahkan, MPLS di SMPN 4 Purworejo dilaksanakan selama tiga hari, dari Senin (11/07/2022) hingga Rabu (13/07/2022), diikuti oleh 256 siswa baru kelas VII. Pelaksanaan MPLS dibuka secara resmi oleh Plt Kepala Sekolah, yang ditandai dengan penyematan tanda peserta kepada perwakilan siswa.

“Tujuan dari MPLS ini, mengenalkan situasi sekolah yang baru di SMPN 4 Purworejo, terutama lingkungannya, baik fisik maupun lingkungan sosialnya,” jelas Pawitno.

Harapannya, ujar Pawitno, setelah mengikuti MPLS siswa bisa langsung menyesuaikan diri dengan suasana yang baru, sehingga besok ketika mulai KBM (Kegiatan Belajar Mengajar), tidak terganggu dengan hal-hal yang asing di sekolah ini.

Diakui oleh Pawitno, selama MPLS, lebih ditekankan pada pendidikan karakter melalui pelaksanaan tata tertib dan tata krama di sekolah. Misal, ketika siswa ke sekolah naik sepeda, masuk lingkungan sekolah harus turun dari sepeda dan menyapa bapak ibu guru yang sudah menyambut di dalam sekolah.

“Penekanan tersebut dalam rangka untuk pembentukan karakter,” tandas Pawitno.

Beragam materi, menurut Pawitno, disampaikan selama MPLS, meliputi Kebijakan Pembinaan Kesiswaan (Sutarto, M.Pd), Bimbingan Konseling (Suwariyani, S.Pd), Cara Belajar di SMP (Enang Kuncoro, S.Pd), Perpustakaan Sekolah (Toha Syaifudin, M.Pd), Ibadah (Dukhri Muhamad, S.Ag, Atiqul Bariroh, S.Pd, BM, Wahyu Hajar, S.Ag, Maryanti, A.Tk).

Materi lainnya, Lingkungan Sekolah (Emi Nurhidayati, S.Pd), Tata Tertib Siswa (Drs Pawitno, M.M.Pd), Nasionalisme (Dwi Suryanto, S.Pd, M.M.Pd), Kegiatan Ekstrakurikuler (Mohamad Solikhin, S.Pd).

“Hari terakhir MPLS ada upacara penutupan serta pembagian kelas dan penyampaian materi tentang Organisasi Kelas oleh masing-masing wali kelas,” pungkas Pawitno. 

 3,132 total views,  5 views today

0Shares