Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun

Perwakilan siswa SMP N 4 Purworejo turut berpartisipasi dalam peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia dengan melakukan gerakan cuci tangan pakai sabun (CTPS) yang diselenggarakan oleh Pemkab Purworejo bersama TP PKK Kab. Purworejo di kompleks Pendopo Kabupaten Purworejo, Kamis (12/10/2022).

Ketua TP PKK Kabupaten Purworejo, Fatimah Verena Prihastyari Agus Bastian, mengajak masyarakat lintas generasi untuk membudayakan cuci tangan pakai sabun (CTPS).

Ajakan itu disampaikan Ketua TP PKK Kabupaten Purworejo, Fatimah Verena Prihastyari Agus Bastian, dalam peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia ke-16 di Pendepo Kabupaten Purworejo, Kamis (12/10/2023).

“Mari lintas generasi, generasi emas, generasi muda, dewasa dan lansia, kita budayakan cuci tangan pakai sabun,” ajaknya, seperti dirilis purworejokab.go.id.

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPPPAPMD) Kabupaten Purworejo Laksana Sakti AP MSi tersebut, dihadiri wakil Ketua TP PKK Kabupaten Purworejo, Erna Setyowati Said Romadhon.

Hadir pula Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Dinkominfostasandi) Kabupaten Purworejo, Yudhie Agung Prihatno, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Purworejo Wasit Diono, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Perikanan (DLHP) Kabupaten Purworejo Wiyoto Harjono.

Selain mereka, kegiatan itu diikuti 250 orang dari perwakilan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Purworejo, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Purworejo, dan 12 SD/SMP di wilayah Kecamatan Purworejo.

Dalam laporannya, Erna menjelaskan bahwa terdapat 5 waktu kritis untuk mencuci tangan.

“BGiasakan CTPS pada 5 waktu kritis, yaitu sebelum makan, sehabis buang air besar, sebelum menyusui, sebelum menyiapkan makan, dan setelah menceboki bayi,” kata dia.

Dalam kegiatan itu juga dilaksanakan penebaran ikan nila di kolam area Art Center Kabupaten Purworejo dan lomba yel-yel untuk membudayakan serta menambah semangat anak-anak agar selalu melakukan CTPS.

 1,192 total views,  45 views today

0Shares