Dengan Prokes Ketat, 256 Siswa SMPN 4 Purworejo Ikuti Ujian Sekolah

KORANJURI.COM – Sebanyak 256 siswa kelas IX SMP N 4 Purworejo, mengikuti ujian sekolah, yang dilaksanakan selama enam hari, dari Senin (19/04/2021) hingga Sabtu (24/04/2021).

Ada sebelas mata pelajaran yang diujikan dalam ujian yang dilaksanakan secara serentak itu, yakni, Bahasa Indonesia, Matematika, PJOK, Bahasa Inggris, PPKn, IPA, IPS, Pendidikan Agama, Bahasa Jawa, Seni Budaya dan Prakarya.

“Dalam ujian sekolah yang dilaksanakan secara luring ini, kita mengedepankan protokol kesehatan secara ketat,” jelas Drs Eko Partono, M.MPd, Kepala SMPN 4 Purworejo, Senin (19/04/2021).

Siswa-siswa SMPN 4 Purworejo, saat mengikuti hari pertama Ujian Sekolah, Senin (19/04/2021) - foto: Sujono/Koranjuri.com
Siswa-siswa SMPN 4 Purworejo, saat mengikuti hari pertama Ujian Sekolah, Senin (19/04/2021) – foto: Sujono/Koranjuri.com

Siswa, ujar Eko, wajib memakai masker. Saat memasuki sekolah, di pintu gerbang siswa diukur suhu tubuhnya. Sebelum masuk kelas, siswa wajib mencuci tangan menggunakan sabun pada tempat yang sudah disediakan.

Dalam sehari, kecuali hari Jum’at, ada dua mata pelajaran yang diujikan yang terbagi dalam dua sesi. Setelah sesi pertama selesai, saat istirahat seluruh ruang ujian disterilkan dengan menyemprotkan Disinfektan.

“Satu ruangan berisi 16 siswa. Jadi ada 16 ruangan yang kita persiapkan dalam ujian sekolah ini,” kata Eko, yang didampingi Enang Kuncoro, SPd, selalu Waka Kurikulum.

Ujian sekolah ini, menurut Eko, merupakan salah satu komponen untuk menentukan kelulusan, dan siswa wajib mengikuti. Bagi siswa yang tak bisa mengikuti ujian pada hari utama, bisa mengikutinya di ujian susulan, yang akan dilaksanakan dari tanggal 26 Mei 2021 hingga 3 Mei 2021.

Eko berharap, siswa bisa melaksanakan ujian secara full dan bisa mengerjakan secara maksimal, sehingga memperoleh hasil yang baik dengan memperoleh nilai yang tinggi. Hasil itu, juga sebagai barometer untuk kedepannya.

“Kita sudah membekali secara maksimal, agar kedepannya anak memiliki kemampuan di bidang akademisnya. Sebelum pelaksanaan, siswa diberi pengayaan dengan les, juga doa bersama sukses ujian,” ujar Enang menimpali.

Pada hari pertama pelaksanaan ujian sekolah di SMPN 4 Purworejo ini, sempat dimonitoring oleh Dewan Pendidikan Kabupaten Purworejo, yang diwakili oleh Prabantoro, MM

“Alhamdulillah, pelaksanaan hari pertama ujian sekolah ini sukses dan lancar,” ujar Eko. (Jon)

 8,068 total views,  5 views today

0Shares