Peduli Covid-19, SMPN 4 Purworejo Berikan BLT untuk Siswa Tak Mampu

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Purworejo Sukmo Widi Harwanto, SH, MH, saat menyerahkan secara simbolis BLT kepada perwakilan wali siswa di SMP N 4 Purworejo, Kamis (14/5/2020) – foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – 120 siswa SMPN 4 Purworejo dari kalangan tidak mampu, terima BLT (Bantuan Langsung Tunai) dari pihak sekolah, Kamis (14/5). Masing-masing siswa, mendapat bantuan Rp 100 ribu. Bantuan diberikan secara simbolis oleh Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Purworejo, Sukmo Widi Harwanto, SH, MH, kepada perwakilan wali siswa.

Para penerima BLT tersebut, merupakan siswa dari kelas VII, VIII, dan IX, dimana tiap-tiap kelas diambil lima siswa. Pemberian BLT dilaksanakan dalam waktu (jam) berbeda. Karena dalam masa tanggap darurat Covid-19, dalam pelaksanaan pemberian BLT ini, tetap memperhatikan protokol dalam pencegahan penyebaran Covid-19, diantaranya, dengan pengukuran suhu tubuh, keharusan memakai masker, dan selalu menjaga kebersihan dengan cuci tangan menggunakan sabun.

“Pemberian BLT dalam kegiatan bakti sosial ini, sebagai bentuk kepedulian kita terhadap siswa yang kurang mampu, dalam rangka bulan Ramadhan, dan peduli Covid-19. Dalam situasi seperti ini, kita harus berusaha untuk saling berbagi. Berbagi dalam rasa, pengertian, dan saling membantu,” ujar Kepala SMPN 4 Purworejo, Drs Eko Partono, MPd, di sela-sela kegiatan.

Disampaikan oleh Eko Partono, untuk sumber dana dari kegiatan baksos tersebut, berasal dari dana peduli siswa yang dikelola OSIS. Dana ini, berasal dari iuran suka rela siswa setiap hari Jum’at, yang dikumpulkan di bendahara OSIS. Penggunaan dana peduli siswa ini, tidak hanya untuk kali ini saja. Tapi sudah beberapa kali dilakukan. Misal, jika ada siswa yang sakit, akan dibantu dengan dana ini. Atau ada siswa yang seragam/sepatunya kurang pantas, maka akan dibantu dengan dana peduli siswa ini.

“Untuk tahun ini, dari dana peduli siswa sudah terkumpul hingga Rp 30 juta,” ungkap Eko Partono.

Eko Partono berharap, kebersamaan tersebut akan membuahkan sebuah kekompakan yang bisa mewujudkan cita-cita, yakni menjadikan SMPN 4 Purworejo hebat dalam hal kwalitas. Dalam kesempatan tersebut, Sukmo Widi Harwanto memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada SMPN 4 Purworejo, khususnya bagi OSIS, karena apa yang dilakukan saat ini, merupakan langkah nyata, bukan not action talk only.

“Semoga bisa memberikan keteladanan kepada siswa di satuan pendidikan yang lain,” ujar Sukmo Widi Harwanto.

Hal tak jauh beda juga dikatakan Ketua Komite Sekolah SMPN 4 Purworejo, Masrukin, yang juga hadir dalam kegiatan baksos tersebut. Menurutnya, di SMPN 4 Purworejo itu menciptakan suatu bentuk, berilmu ilmiah, beramal amaliyah, dan bertakwa ilahiyah, yang akhirnya menjadikan anak memiliki budi pekerti yang baik.

“Semua yang mereka lakukan, endingnya menjadikan anak memiliki akhlak yang baik dalam kehidupannya,” kata Masrukin. (Jon)

 343 total views,  1 views today

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *