Meningkatkan Kemampuan IT Guru, SMPN 4 Purworejo Gelar Pelatihan Penerapan IT Secara Tatap Muka dan Online

Rakyatkita.com,Purworejo,– Untuk lebih meningkatnya kemampuan dalam penerapan IT, dan dalam rangka siswa belajar secara online, SMPN 4 Purworejo menggelar pelatihan penerapan IT dalam pembelajaran daring secara tatap muka dan online bagi guru SMPN 4, yang dimulai Selasa 17 Maret sampai dengan 31 Maret 2020.

Kegiatan ini dalam rangka Work From Home (bekerja dan belajar dirumah) bagi guru dan siswa dalam memberi pelajaran dan belajar dengan sistem online selama masa pencegahan COVID-19.

Kegiatan pelatihan dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Purworejo, Sukmo Widi Harwanto, SH,MM, hadir pula perwakilan Komite Sekolah, Masrukin serta nara sumber Tri Evri Sadianto, S.Pd, yang juga guru SMPN 4 Purworejo.

Sekitar 30 persen guru mengikuti pelatihan ini dan 70 persen guru mengikuti secara online dirumah ( Work From Home)

Kepala SMPN 4 Purworejo, Drs.Eko Partono, M.M.Pd mengatakan, tujuan dari pelatihan penerapan IT adalah  untuk meningkatkan mutu pembelajaran SMPN 4, menambah kemampuan guru dalam implentasi IT dan pengembangan perangkat pembelajaran lainnya, terpantaunya tugas-tugas guru dan siswa dan  tersusunnya dokumen kegiatan guru dan siswa SMP Negeri 4 Purworejo, selama masa pencegahan COVID’19, serta menambah wawasan.

“Dengan adanya pelatihan ini, saya berharap kemampuan guru dalam hal IT lebih meningkat, dengan begitu mutu pembelajaran sekolah kita akan selangkah lebih maju dari sekolah SMP lainya,”terang Eko Partono, diruang kerjanya, Selasa (7/4/20).

Lanjut Eko, selama Work From Home, kegiatan belajar mengajar (KBM) di  SMP Negeri 4 Purworejo berjalan seperti biasa namun secara online dengan menggunakan aplikasi Google Classroom.

“Walau pembelajaran dengan sistem online, semua pembelajaran sudah terjadwal seperti pelajaran biasa,”ujar Eko Partono.

Namun, terang Eko Partono, ada pro dan kontra dalam belajar sistem online ini. Yaitu banyak orang tua murid yang mengeluh boros dalam pemakaian kuota data internet serta kurang maksimal dalam pengawasan. Namun disisi lain
keuntungannya siswa menjadi lebih mandiri dan benar -benar belajar dirumah.

“Sampai saat ini kegiatan belajar dirumah secara online yang diterapkan di SMP Negeri 4 Purworejo berjalan lancar sesuai jadwal dan tidak ada kendala berarti,” pungkasnya. ( Wan)

Sumber: http://www.rakyatkita.com/pendidikan/meningkatkan-kemampuan-it-guru-smpn-4-purworejo-gelar-pelatihan-penerapan-it-secara-tatap-muka-dan-online/

 320 total views,  1 views today

0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *