PERSAMI 2019, Pengenalan Gudep dan peduli masyarakat

Gerakan Pramuka merupakan salah satu wadah pembinaan generasi muda yang mempunyai tugas pokok dan peran penting untuk mengembangkan bakat dan minat generasi muda melalui proses pembentukan kepribadian sehingga terwujud insan yang kuat mental, tinggi moral, beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. Untuk merealisasikan tujuan tersebut Gugus Depan XI.06.06.141-142 yang berpangkalan di SMP Negeri 4 Purworejo menyelenggarakan kegiatan perkemahan sabtu-minggu (disingkat PERSAMI) sebagai konsekuensi menumbuhkan sifat patriotisme dengan disiplin yang tinggi. Kegiatan ini diikuti oleh 254 siswa kelas 7 sebagai penggalang baru gugus depan SMP Negeri 4 Purworejo dan 30 siswa calon Dewan Penggalang kelas 8 dengan kepanitiaan dari Dewan Penggalang dan unsur pembina.

Upacara Pembukaan PERSAMI oleh kakak Pawitno mewakili kamabigus

Kegiatan yang dilaksanakan mulai tanggal 21-22 September 2019 mempunyai maksud untuk meningkatkan kwalitas mental peserta didik dan mengenalkan peserta didik pada lingkungan sekitar (sekolah dan alam di sekitarnya) serta aktualisasi kode Kehormatan Gerakan Pramuka. Sedang tujuannya adalah terbentuknya manusia yang mandiri serta terciptanya sifat-sifat kepemimpinan untuk meningkatkan kedisiplinan dan kecerdasan.

Kegiatan yang dilaksanakan antara lain wide game sebagai bentuk pengenalan lingkungan sekitar, api unggun sebagai bentuk karya seni dan persaudaraan serta bakti masyarakat sebagai bentuk peningkatan rasa kemanusian para penggalang baru.

Salah satu anggota penggalang baru saat memberikan bingkisan kepada masyarakat di sekitar pangkalan Gudep

 656 total views,  1 views today

0Shares